General Orientation

Halo semua, nama saya Kris Saputra biasa saya dipanggil Kris. Saya adalah mahasiswa Binus University yang sekarang menempati Binusian 2020. Pada posting pertama ini saya akan berbagi pengalaman saya selama orientasi kampus atau yang biasa disebut General Orientation.

General Orientation yang saya alami berjalan dari tanggal 1 hingga 6 Agustus 2016 di Binus University ini sendiri. Kebetulan saya mendapat kelas orientasi BBN07. Saya disitu bertemu dengan 6 orang BC (Buddy Coordinator) yaitu ada kak Theo, kak Evi, kak Dewi, kak Andre, kak Sandy, dan juga kak Rizky. Selain bertemu dengan BC saya juga bertemu dengan berbagai orang yang berasal dari jurusan saya yaitu Cyber Security dan juga dari GAT (Game Application and Technology). Kurang lebihnya kelas saya berjumlah 70 orang.

Pada hari pertama orientasi, karena kami belum saling mengenal satu sama lain (you don’t say) jadi kami para maba (mahasiswa baru) dan para BC maju kedepan secara bergantian dan memperkenalkan diri kami. Setelah itu pada hari ini belum ada kegiatan apapun karena masih hari pertama jadi hanya ada briefing mengenai keseluruhan orientasi tersebut.

Lanjut hari kedua, pada hari kedua ini kami ada kegiatan yang disebut Binusian Journey. Di bagian ini para BC menjelaskan sekaligus share tentang suka duka saat menjadi mahasiswa Binus. Dari kegiatan ini saya pada khususnya bisa memprediksi setidaknya bagaimana kehidupan saya selama berkuliah di Binus (mungkin akan sedikit suram xD).

Lalu pada tanggal 3 Agustus tidak ada kegiatan orientasi.

Lanjut sajalah ke hari keempat. Di hari keempat ini saya melakukan 2 kegiatan orientasi yaitu Sukses Kuliah & Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus dan Bunga Rampai. Seperti pada judulnya di materi pertama ini kami di beri tips-tips untuk menghadapi masa perkuliahan agar masa depan kami cerah di Binus. Berbagai sharing pengalaman dari BC pun saya terima dan beberapa ada yang lucu ada yang suram dan juga ada yang seru. Dan juga kami para maba dijelaskan tentang berbagai aturan kampus. Lalu lanjut ke materi kedua yaitu Bunga Rampai. Di Bunga Rampai ini kami seluruh partisipan orientasi gelombang kedua dipindahkan ke ruang Auditorium dan duduk manis selama kurang lebih 3 jam di sana untuk menyaksikan berbagai cuplikan dan juga promosi dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Binus ini. Lumayan lah melihat UKM seni tari yang anggotanya cantik-cantik (hohoho…). Cukup tepar walau hanya duduk karena tidak diperbolehkan untuk tidur atau konsekuensinya kita akan di sorot oleh kamera dan muka kita akan terlihat di layar besar panggung.

Lanjut ke hari kelima. Hari ini cukup melelahkan karena ada 3 kegiatan yaitu Binus Way, Perkuliahan, Ujian, dan Registrasi, dan dilanjutkan dengan Kerohanian. Sebenarnya tidak hanya itu, setelah selesai ketiga kegiatan itu kami masih kumpul untuk merekam yel-yel BBN07 dan juga merekam ucapan selamat ulang tahun ke-35 Binus University. Pada Binus Way, kami separtisipan orientasi kembali duduk di bangku di Auditorium dan mendengarkan Rektor Binus berbicara. Lalu untuk Perkuliahan, Ujian, dan Registrasi jujur saya lupa total (maklum pas itu masih teler xD) jadi saya hanya bisa bilang ada sesuatu yang kami lakukan saat itu (you don’t say). Lalu pada kegiatan Kerohanian kami dibagi menjadi kelompok-kelompok menurut agama kami masing-masing dan pergi ke ruangan yang berbeda-beda untuk melaksanakan ibadah rohani.

Hari keenam (last day). Di hari ini kami semua berkumpul di lapangan parkir kampus Syahdan untuk melakukan kegiatan Kebersamaan. Disini kami menampilkan yel-yel BBN kami masing-masing dan yang tadinya untuk kebersamaan sampai ber-evolusi menjadi kegiatan menahan malu (berhubung banyak dari BBN yang yel-yelnya lucu dan seru). Setelah Kebersamaan kami pun langsung mulai menghadiri Expo dimana kami bisa mendaftar ke berbagai UKM yang kami inginkan. Saya yang kebetulan jurusan Cyber Security mendaftar ke UKM CSC (Cyber Security Community) dan UKM Wushu untuk meningkatkan self-defense saya. Setelah Expo makan General Orientation kami pun selesai.

Sekian posting dari saya. Terima Kasih

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to General Orientation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *